smkn1kutacane
Jika anda belum jadi member, Sebaiknya DAFTAR dulu!

Untuk mendaftar menjadi member silahkan klik tombol "Pendaftaran"
pada bagian bawah box ini.


Salam Admin!



 
IndeksIndeks  CalendarCalendar  FAQFAQ  PencarianPencarian  AnggotaAnggota  GroupGroup  PendaftaranPendaftaran  LoginLogin  

Share | 
 

 Mengenal Monitor Lebih Dekat

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down 
PengirimMessage
Admin
Admin


Jumlah posting : 5
Join date : 25.10.11

PostSubyek: Mengenal Monitor Lebih Dekat   Fri Oct 28, 2011 9:52 am

JENIS – JENIS MONITOR
Anda pasti sering melihat monitor kan? ( ya ealah…., orang NDESO sekalipun pasti dah pernah.. ) Tapi sekedar memberitahu bagi yang belum tau, ada 3 jenis utama monitor, apa saja ya???? Neh baca rus ya….


a. Cathode Ray Tube (CRT atau Tabung)

CRT Display ditemu
kan kalo tidak salah pada tahun 1897, akan tetapi teknologi ini baru diadopsi sebagai penerima siaran televisi pada tahun 1926. Sejarah penemuan teknologi CRT sudah lebih dari 100 tahun dan memiliki kualitas gambar yang sangat bagus. Akan tetapi teknologi ini mempunyai satu kelemahan yaitu semakin besar display yang akan dibuat maka semakin besar pula tabung yang digunakan.
Resolusi yang dihasilkan monitor CRT sudah cukup baik untuk berbagai keperluan. Hanya saja energi listrik yang dibutuhkan cukup besar dan memiliki radiasi elektromagnetik yang cukup kuat. (yang kurang vitamin A, lebih baek jangan lama-lama didepan monitor neh.. bisa cepat tambah matanya 2 alias kacamata.. heheh)

b. Liquid Crystal Display (LCD) atau Flat Display Panel (FDP)

Monitor LCD tidak lagi menggunakan tabung elektron tetapi menggunakan sejenis kristal liquid yang dapat berpendar. Kristal cair merupakan molekul organik kental yang mengalir seperti cairan, tetapi memiliki struktur spasial seperti kristal Teknologi ini menghasilkan monitor yang dikenal dengan nama Flat Panel Display dengan layar berbentuk pipih, dan kemampuan resolusi yang lebih tinggi dibandingkan dengan CRT. Karena bentuknya yang pipih, maka monitor jenis flat tersebut menggunakan energi yang kecil dan banyak digunakan pada komputer-komputer portable (portable apaan ya…? Cari di kamuslah… ).

Kelebihan yang lain dari monitor LCD adalah adanya brightness ratio yang telah menyentuh angka 350 : 1. Brigtness ratio merupakan perbandingan antara tampilan yang paling gelap dengan tampilan yang paling terang.

Monitor LCD memang jauh lebih mahal jika dibandingkan dengan monitor CRT. (ya pasti donk, anak kecil juga tau.. lebih hebat ya lebih mahal heheh). Tetapi masih beberapa kelemahan yang masih dimilikinya seperti kurang mampu digunakan untuk bekerja dalam berbagai resolusi, seperti misalnya monitor dengan resolusi 1024 X 768 akan terkesan agak buram jika dipekerjakan pada resolusi 640 X 420. Tatapi akhir-akhir ini kelemahan tersbut sudah mulai di atasi dengan teknik anti aliasing. (makin hari orang makin pintar itu pasti..!) Sinar tersebut akan diperkuat untuk menampilkan sisi terang dan diperlemah untuk sisi gelap.

c. Monitor LED

Monitor jenis ini menggabungkan teknologi CRT dengan LCD. Dengan teknologi yang dihasilkan, mampu membuat layar dengan ketipisan menyerupai LCD dan sudut pandang yang dapat selebar CRT.


Kontras warna yang dihasilkan pun lebih baik dari LCD. Teknologi ini sering bisa kita jumpai pada saat pertunjukan-pertunjukan musik atau pertandingan-pertandingan olahraga yang spektakuler. Di sana terdapat layar monitor raksasa yang dipasang pada sudut-sudut arena tertentu. Itulah monitor yang menggunakan teknologi LED.

Kunggulan-keunggulan LED Monitor :
Kemampuan menghasilkan detail gambar yang lebih halus dan lebih sempurna dibandingkan dengan LCD monitor. Selama ini LCD monitor banyak dikeluhkan oleh pengguna komputer yang bekerja sebagai desainer grafis, yaitu kemampuan gambar yang dihasilkan oleh LCD tidak sehalus gambar yang dihasilkan oleh CRT monitor. Karena menggunakan LED, dipastikan tidak menghasilkan flicker (kedip) lebih sering (diistilahkan sebagai “flicker free”).Pencahayaan yang dihasilkan oleh LED lebih stabil dibandingan dengan LCD, sehingga kestabilan cahaya dan warna, serta ketajamannya bisa terjaga selama monitor digunakan.Konsumsi energi yang digunakan lebih sedikit (40 % lebih hemat) dibandingkan dengan LCD monitor yang masih menggunakan lampu fluorescent sebagai pemancar cahaya.

Nah hal inilah yang diperbaiki oleh LED monitor, sehingga nantinya seorang desainer grafis bisa memilih LED dibandingkan LCD monitor.LED monitor dibandingkan dengan LCD monitor akan mempunyai berat yang lebi monitor sebagai media kerjanya.Umur lampu LED lebih lama atau mempunyai masa pakai yang lebih lamah ringan, disamping itu ketebalannya akan lebih tipis juga.Kedalaman warna yang lebih tinggi dibandingkan LCD monitor sampai hampir mendekati warna aslinya.Kontras Rasio yang cukup tinggi perbandingannya dibandingkan dengan LCD monitor, misalnya sampai dengan 1.000.000 : 1.Tidak menggunakan bahan–bahan yang berbahaya bagi lingkungan, salah satunya tidak lagi menggunakan bahan elektronik yang mengandung mercury.

Oke.. jadi sekian dulu lah bincang-bincang tentang monitor semoga dapat menambah pundit-pundi ilmu pengetahun kita
.

Salam,
Admin
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user http://smkn1kutacane.indonesianforum.net
 
Mengenal Monitor Lebih Dekat
Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 1
 Similar topics
-
» (ASK) Lebih baik SLIP-ON atau FULL SYSTEM?
» Help.. lampu dekat ane putus brader+tanya dealer harga mahal bgt
» Motor yg lebih baik dan nyaman (KLX 250 / D Tracker 250 atau Ninja 250R)
» Butuh rpm lebih tinggi di kecepatan yang sama kalau motor dah panas
» Tanya: Selang dekat mesin & shock belakang

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
smkn1kutacane :: Forum TKJ-
Navigasi: